Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

cara menjaga kesehatan jantung

Mungkin sebagian besar orang familiar dengan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah yang dikenal juga sebagai ahli kardiologi. Seorang ahli kardiologi mempunyai keahlian untuk melakukan perawatan sistem kardiovaskular yang mencakup jantung serta pembuluh darah.

Anda memerlukan penanganan dari dokter spesialis jantung dan pembuluh darah ketika memiliki permasalahan yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah, seperti aritmia, penyakit jantung bawaan hingga penyakit jantung koroner.

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung

Selain melakukan pengobatan, dokter juga akan memberikan saran dan konsultasi terkait upaya pencegahan penyakit kardiovaskular dengan meningkatkan kesehatan jantung.

Adapun beberapa cara sederhana untuk menjaga kesehatan jantung ialah sebagai berikut:

Menjaga Kesehatan Mulut

Masalah di jantung bisa saja terjadi akibat adanya gejala penyakit gusi, mulut dan gigi yang bertambah parah dan tidak segera mendapatkan perawatan. Saat bertambah parah, jamur maupun bakteri di mulut tersebut bisa berpindah ke aliran darah dan mengakibatkan protein C-reaktif.

Protein ini bisa menimbulkan peradangan pada pembuluh darah di sekitar jantung. Maka dari itu, cara mudah menjaga kesehatan jantung Anda adalah menjaga kesehatan mulut. 

Gosoklah gigi 2 kali secara rutin, pagi sebelum sarapan dan di malam hari sebelum tidur. Anda juga bisa membersihkan gigi dengan flossing atau menggunakan benang gigi.

Membatasi Konsumsi Makanan Asin

Mengonsumsi makanan asin secara berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi) yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung. Ketika tekanan darah Anda tinggi, kerja jantung dalam memompa darah akan semakin berat yang membuat kesehatan jantung jadi terganggu.

Sebaiknya, batasi asupan garam per harinya. Bagi orang berusia 19 – 49 tahun, asupan garam per hari adalah 1500 mg. 

Anda bisa mengurangi konsumsi garam dengan membatasi penggunaan garam saat memasak. Batasi pula mengonsumsi makanan tinggi garam yang sudah dikemas, seperti snack dan makanan cepat saji.

Mencukupi Kebutuhan Tidur

Apabila Anda sering tidur larut malam atau begadang, jam biologis tubuh untuk beristirahat akan rusak. Kondisi ini bisa menyebabkan tekanan darah menjadi naik dan mengalami peradangan, sehingga mampu meningkatkan risiko penyakit jantung.

Maka, cobalah untuk tidur lebih awal dan bangun pagi setiap harinya, sekali pun Anda sedang libur. Pastikan Anda bisa tidur setidaknya 7 – 8 jam per hari.

Demikianlah ulasan mengenai cara sederhana menjaga kesehatan jantung Anda. Selalu konsultasikan dengan dokter atau tenaga medis lainnya untuk mendapatkan perawatan terbaik.

Dapatkan informasi selengkapnya seputar obat-obatan untuk kardiovaskular atau obat lainnya dengan mengakses laman pafikabkapuashulu.org. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Inilah Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Jantung "

List Blog Keren Rajabacklink