Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Syarat Aman Membeli Peralatan Dapur Berbahan Plastik

Saat ini, peralatan dapur lengkap berbahan baku plastik sudah sering digunakan karena murah dan ringan. Kelebihannya lagi adalah memiliki variasi dalam hal warna, bentuk dan ukuran. Bahkan, sudah ada wadah plastik yang aman untuk memasak di microwave.

Namun, apakah kamu yakin jika peralatan plastik tersebut aman digunakan untuk memasak? Nah, agar tidak membahayakan kesehatan, yuk simak syarat aman sebelum membeli peralatan dapur plastik berikut ini! 

Kenali Kode-Kode Plastik

Biasanya, pada bagian dasar setiap wadah plastik terdapat kode-kode tertentu yang dilambangkan dengan segitiga dan angka di bagian dalamnya. Setiap angka tersebut menunjukkan bahan dasar pembuat plastik dan instruksi penggunaannya.

Produk plastik dengan angka 1 (polyethylene terephthalate) hanya bisa digunakan satu kali karena lapisan polimer yang ada pada wadah mudah meleleh dan mengeluarkan bahan karsinogenik, yaitu pemicu timbulnya sel-sel kanker. Produk dengan angka 2 dan 4 cukup aman digunakan dua sampai tiga kali.

Jangan memilih peralatan dapur dari plastik dengan angka 3, 6, dan 7 (PVC, PS, dan PC), karena cukup berbahaya dan berisiko tinggi mencemari makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Produk plastik yang paling aman untuk kamu gunakan adalah yang bersimbol angka 5 atau polypropylene (PP). 

Ada Label BPA-Free

Arti dari label BPA-Free adalah bebas kandungan BPA atau Bisphenol A, yakni bahan kimia yang banyak digunakan dalam kemasan makanan dan minuman.

Meski masih dilakukan penelitian untuk memastikan efek samping penggunaannya, BPA ini telah dikaitkan dengan hal yang berefek bahaya bagi kesehatan. Mulai dari cacat lahir, masalah otak dan fungsi sistem saraf, kelainan reproduksi dan beberapa jenis kanker.

Ada Label Food Grade

Satu lagi hal paling penting sebelum membeli wadah plastik untuk makanan atau minuman, yaitu pastikan bahwa wadah tersebut tergolong dalam kategori food grade.

Wadah berlabel food grade berarti aman untuk digunakan sebagai tempat menyimpan makanan atau minuman secara berkali-kali. Simbol untuk menandakan label food grade dalam setiap wadah plastik adalah gelas dan garpu.

Demikianlah ulasan mengenai syarat aman yang harus kamu penuhi sebelum membeli peralatan dapur atau masak berbahan plastik. Grinn Living menjawab masalah ini dengan menawarkan peralatan dapur lengkap yang aman untuk kesehatan.

Meski terbuat dari bahan plastik, produk-produk Grinn Living sudah dipastikan BPA-Free dan memiliki label food grade, sehingga aman untuk masakan kamu di rumah. Informasi selengkapnya bisa dilihat di grinnliving.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "3 Syarat Aman Membeli Peralatan Dapur Berbahan Plastik"

List Blog Keren Rajabacklink