Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakta Film Concrete Utopia yang Mewakili Korea Selatan di Oscar 2024

Concrete Utopia

Siapa yang hobi menghabiskan akhir pekan dengan nonton film? Nah, film Korea satu ini cocok, nih, kamu jadikan pilihan untuk mengisi weekend-mu, Concrete Utopia. Mengambil tema bencana alam, film ini disutradarai oleh Eom Tae Hwa yang pernah terpilih sebagai Sutradara Baru Terbaik pada ajang Baeksang Arts Awards ke 50 pada tahun 2014.

Concrete Utopia bercerita tentang satu apartemen yang selamat dari bencana gempa yang menimpa Korea Selatan. Para penghuni Apartemen Hwang Goong pun berusaha untuk terus bertahan hidup dengan apa yang tersisa dalam satu-satunya gedung yang masih berdiri tersebut. 

Namun, karena merupakan satu-satunya gedung yang layak untuk ditinggali, apartemen Hwang Goong banyak didatangi oleh penduduk yang selamat untuk mencari perlindungan. Di sinilah kemudian konflik terjadi. Warga apartemen yang selamat menolak kedatangan penduduk lain ini karena akan menambah beban di dalam apartemen mereka. Sebuah tim pun akhirnya dibuat untuk melindungi gedung apartemen dari pendatang, yang dipimpin oleh seorang Ketua Delegasi.

Nah, sebelum mulai menonton film Concrete Utopia, yuk, simak dulu beberapa fakta menariknya berikut ini!

Adaptasi Webtoon Populer

Concrete Utopia merupakan adaptasi dari bagian kedua webtoon terkenal berjudul Hit Joyful Outcast (Pleasant Bullying) karya Kim sung Nik. Dengan kepopuleran webtoon ini, tentunya adaptasinya sudah ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. 

Mengangkat Tema Kesenjangan Sosial dan Moralitas

Sepanjang film, penonton akan ditunjukkan konflik yang timbul dari kesenjangan sosial antar warga yang tinggal di dalam apartemen. Selain itu, penonton juga disuguhkan dengan konflik moralitas, seperti saat warga yang selamat mengusir penduduk luar yang ingin masuk ke apartemen untuk mencari bantuan. Tentunya secara kemanusiaan tindakan itu tidak benar, namun bila penonton berada pada posisi yang sama, apakah juga akan melakukan tindakan yang sama?

Bertabur Bintang Terkenal

Selain ceritanya yang menegangkan, Concrete Utopia juga dipenuhi oleh aktor dan aktris papan atas sebagai pendukungnya. Sebut saja Lee Byung Hyun yang berperan sebagai Ketua Delegasi dari Apartemen Hwang Goong, Yeong Tak. Yeong Tak dipilih oleh warga untuk melindungi apartemen setelah dengan berani memadamkannya kebakaran yang terjadi pada salah satu unit apartemen. 

Yeong Tak yang merasa mendapatkan kuasa dalam kompleks apartemen tersebut pun kemudian bertindak seperti pemimpin yang mengendalikan seluruh kegiatan di apartemen. Ia bahkan membagi-bagi warga apartemen ke dalam kelas-kelas berdasarkan kontribusi mereka, dan membagi jatah makanan berdasarkan kelas tersebut. 

Selain itu ada juga Park Seo Joon yang berperan sebagai Min Sung, seorang karyawan yang selamat dan menjadi orang kepercayaan Young Tak. Kemudian film ini juga menjadi film comeback Park Bo Young yang berperan sebagai Myung Hwa, istri dari Min Sung. Ia yang mantan perawat bertugas untuk membantu merawat warga yang terluka. 

1 Juta Penonton dalam 4 Hari

Dirilis pada 9 Agustus 2024 lalu, Concrete Utopia berhasil meraih jumlah 1 juta penonton hanya dalam 4 hari saja. Ini tentunya jumlah yang cukup fantastis untuk box office Korea.

Mewakili Korea Selatan di Academy Awards ke-96.

Concrete Utopia dikabarkan menjadi pilihan KOFIC atau Dewan Perfilman Korea untuk mewakili Korea Selatan dalam ajang Academy Awards atau Oscar 2024 nanti. Film ini nantinya akan masuk ke dalam kategori Best International Feature. 

Dengan sederet fakta menarik ini, pastinya kamu jadi makin penasaran kan? Yuk, tonton film Concrete Utopia di aplikasi VIU sekarang!

Posting Komentar untuk "5 Fakta Film Concrete Utopia yang Mewakili Korea Selatan di Oscar 2024"

List Blog Keren Rajabacklink