Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Bahaya Konsumsi Telur Mentah, Waspada!

bahaya konsumsi telur mentah
source: Pexels (https://www.pexels.com/id-id/foto/makanan-piring-sehat-hidangan-6294258/)

Banyak penelitian yang menyimpulkan bahaya konsumsi telur mentah cukup fatal. Bahkan, saat ini sudah banyak yang mendaftar asuransi kesehatan sebagai salah satu langkah antisipasi, khususnya bagi para pecinta telur yang tidak matang tersebut. Biasanya, karena sudah menyadari resiko yang ada.

Jadi, mendaftar asuransi menjadi jalan keluar yang dianggap paling aman sebagai langkah penanganan cepat, bila tubuh bereaksi negatif akibat terus mengkonsumsinya. 

Biaya preminya pun cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp75.000,00 dan Anda akan mendapatkan keringanan dalam biaya rawat inap hingga keluar dari rumah sakit.

Berbagai Bahaya Konsumsi Telur Mentah

Memangnya, apa saja bahaya yang dimaksud? Secara garis besar, berikut beberapa dampak negatif jika memakan telur mentah atau kurang matang terus menerus.

1. Infeksi Salmonella

Bakteri salmonella menjadi salah satu faktor utama mengapa telur mentah sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi. Terutama dalam kurun waktu panjang, karena akan mengakibatkan pertumbuhan bakteri salmonella. Anda tentu tahu dampak negatif bakteri yang satu ini bagi tubuh, bukan?

Merujuk pada keterangan Ahli Gizi UGM, Dr. Toto Sudargo, SKM, M.Kes, bahwa infeksi salmonella mengakibatkan diare, demam, hingga kejang-kejang. Perawatannya membutuhkan biaya cukup besar, yang termasuk pertanggungjawaban asuransi kesehatan FWD Insurance bila Anda sudah mendaftar.

2. Penyerapan Protein Tidak Maksimal

Ada yang beranggapan bahwa mengkonsumsi telur mentah menghasilkan banyak protein. Padahal, justru sebaliknya, yang terjadi adalah gangguan penyerapan protein hingga 50%.

Dengan kata lain, ketika Anda mengkonsumsi telur mentah, hanya sebagian protein saja yang terserap oleh tubuh.

Padahal, protein merupakan sumber energi sekaligus membantu pembentukan imunitas. Bila tidak terserap dengan baik, tubuh akan menjadi lebih mudah lelah dan gampang terserang sumber penyakit. 

Kondisi semacam itu akan membuat kondisi kesehatan terus menurun, sehingga membutuhkan pemulihan menggunakan asuransi.

3. Kelahiran Prematur bagi Ibu Hamil

Bahaya konsumsi telur mentah selanjutnya adalah peningkatan resiko kelahiran prematur bayi pada ibu hamil. 

Hal itu diakibatkan oleh desakan kuman-kuman yang terakumulasi dari jangka waktu konsumsi telur yang tidak matang tersebut. Kandungan jadi sering mengalami kontraksi hingga terjadinya kelahiran prematur.

4. Pengikatan Biotin

Dampak mengkonsumsi telur mentah yang terakhir adalah pengikatan biotin yang menyebabkannya tidak dapat terurai dengan baik. 

Kondisi tersebut menyebabkan gangguan produksi glukosa dan asam lemak tubuh, yang meningkatkan potensi terserang penyakit diabetes.

Mengatasi Bahaya dari Konsumsi Telur Mentah

Sudah tahu bukan betapa bahaya konsumsi telur mentah untuk kesehatan? Anda tentu tidak ingin mengalami kelahiran prematur saat mengandung, terserang diabetes, terinfeksi bakteri, dan gangguan penyerapan protein sebagaimana penjabaran di atas, bukan?

Sambil perlahan-lahan mencoba meninggalkan dengan mengurangi frekuensi konsumsinya, Anda juga dapat mempersiapkan antisipasi lain dengan mendaftar asuransi kesehatan dari FWD Insurance. Tidak hanya untuk gangguan kesehatan akibat telur mentah, tapi juga berbagai potensi penyakit lainnya.

Posting Komentar untuk "4 Bahaya Konsumsi Telur Mentah, Waspada!"

List Blog Keren Rajabacklink