Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Pemimpin yang Berintegritas. Ini Ciri-cirinya!

Sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia, integritas adalah mutu, sifat, atau keadaan merupakan satu kesatuan yang utuh yang memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan atau kejujuran. Integritas mencerminkan karakter kuat seseorang, yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Apalagi jika karakter tersebut dimiliki oleh seorang pemimpin.

Perilaku, kompetensi dan gaya kepemimpinan seorang pemimpin selalu menarik untuk diperbincangkan. Pemimpin dan pejabat publik selalu menjadi sorotan. Kenapa demikian? Karena semakin tinggi level kepemimpinan, maka semakin besar juga tantangan yang harus dihadapi. Belum lagi pemimpin harus menahan diri dari godaan saat memiliki kekuasaan.

Integritas merupakan salah satu kunci utama keberhasilan kepemimpinan seorang pemimpin dalam menjalankan tugasnya sebagai pemimpin, menjadi pemimpin yang amanah yang diberikan masyarakat kepadanya. Dengan integritas yang dimiliki maka seorang pemimpin akan selalu patuh dan taat terhadap setiap norma, ketentuan, dan aturan yang berlaku. Selalu mementingkan kepentingan banyak orang, melayani masyarakat dengan hati yang tulis, ikhlas, dan bertanggung jawab.

Berikut ini adalah ciri-ciri pemimpin yang berintegritas:

Jujur

kejujuran menjadi poin utama dalam karakter integritas. Seseorang yang jujur tidak akan mau melanggar aturan, norma dan ketentuan yang berlaku. Dengan sifat jujur yang dimiliki, ia akan enggan untuk berbuat curang dan penyalahgunaan kekuasaan yang ia miliki. Semua yang ia lakukan tidak ada yang ditutupi dan dilakukan secara transparan.

Rasa Hormat

Orang yang berintegritas selalu bisa menempatkan diri dan posisinya dimanapun ia berada. Ia akan selalu menghargai orang lain, tidak hanya dengan melihat status sosial, ekonomi, dan latar belakang orang tersebut. Rasa hormatnya kepada orang lain akan tampak dengan cara ia yang berbicara, mendengar lawan bicaranya, tindakannya, mempertimbangkan ide, dan perasaan orang lain dalam setiap kondisi.

Tanggung Jawab

Pemimpin yang bertanggung jawab adalah orang yang tahu akan tugas dan kewajibannya, serta menjalankannya. Ia akan selalu bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah yang terjadi. 

Kerja Keras

Menilai seseorang bekerja keras bisa berbeda-beda nilainya. Seseorang bisa saja dinilai telah bekerja keras karena durasi kerjanya yang lama atau kemauan ia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Namun, kerja keras bisa diartikan dengan seseorang yang rela menyelesaikan tugas dan kewajibannya tanpa melihat durasi kerjanya, turun tangan untuk mengerjakan sesuatu, selalu dengan senang hati mengerjakan tugas yang diemban kepadanya, dan membantu orang lain yang membutuhkan. Semua yang ia lakukan tanpa perlu pengakuan dan pamrih.

Sederhana

Seseorang yang memiliki gaya hidup sederhana adalah orang yang tidak terlalu banyak menuntut sesuatu hal untuk dirinya. Ia sudah menetapkan standar sederhana yang sudah cukup dan bisa membuatnya bahagia. Berbeda dengan seseorang yang memiliki gaya hidup mewah, ia bisa melakukan segala cara untuk mencapai gaya hidup yang ia inginkan.

Merealisasikan Kebijakan

Masyarakat tentu menginginkan pemimpin yang bisa bekerja sebaik mungkin, salah satunya pemimpin yang dapat merealisasikan kebijakan. Setiap kebijakan yang dikeluarkan dan dapat direalisasikan dapat berdampak positif pada masyarakat. 

Integritas merupakan atribut penting bagi seseorang, bahkan bagi seorang pemimpin. Pemimpin yang berintegritas adalah pemimpin yang amanah dan mementingkan kepentingan masyarakat. Beberapa hal diatas merupakan ciri pemimpin yang berintegritas yang harus dipegang teguh oleh seorang pemimpin.Yuk, ketahui macam-macam ciri integritas bagi diri sendiri, pemimpin, bahkan integritas partai politik dengan mengunjungi situs ACLC KPK.

Posting Komentar untuk "Pilih Pemimpin yang Berintegritas. Ini Ciri-cirinya!"

List Blog Keren Rajabacklink