Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memanaskan Mobil Baru yang Jarang Dipakai

Salah satu cara untuk membuat mobil tetap prima adalah memanasinya dulu sebelum digunakan. Sayangnya masalah sering terjadi ketika menggunakan mobil baru, biasanya ada anggapan mobil baru tak perlu di panasi karena mesinnya masih bagus.

Padahal hal tersebut tidak benar, seperti mobil pada umumnya, mobil tetap harus dipanasi untuk menjaga performa mobil. Jika tidak dipanaskan dengan baik, bisa bisa performa mesin menurun meski usia mobil belum lama.
Kenapa Mobil Baru Harus Sering Dipanasi?

Seperti yang diketahui, di dalam mobil terdapat komponen aki yang memiliki daya listrik. Dengan sering memanaskan mobil, peningkatan daya listrik pada aki memungkinkan untuk dilakukan. Jika mobil tak dipanasi, maka daya listrik di aku juga akan menurun.

Bukan itu saja manfaat memanaskan mobil baru, memanaskan mobil setidaknya lima menti akan membantu oli melumasi mesin secara merata. Dengan begitu, komponen mesin pun tidak akan menjadi kering dan menurunkan performanya.

Tips dan Cara Memanaskan Mobil Baru 

1. Durasi Memanaskan Mobil

Waktu atau durasi untuk memanaskan mesin sebenarnya tergantung dengan tipe dan teknologi mesin yang mobil miliki. Jika mobil yang baru dibeli, durasi memanaskannya sekitar lima menit. Tapi jika usia mobil sudah tua, durasi memanaskan bisa bertambah antara 10 – 15 menit.

2. Jangan Injak Pedal Gas

Kebiasaan yang sering dilakukan ketika memanasi mobil adalah menginjak pedal gas. Padahal mobil yang sedang dipanasi tak perlu diinjak gas-nya, cukup dengan membiarkan mesin mobil mencapai putaran idle hingga indikator di temperature mesin naik.

Jika terlalu sering menekan nekan pedal gas, bisa jadi bahan bakar yang ada di dalam mobil terbuang dengan percuma. Secara permesinan, menginjak pedal gas memang tak memberikan dampak yang terlalu signifikan di mobil. 

3. Buka Semua Jendela

Langkah berikutnya untuk cara memanaskan mobil adalah membuka semua jendela agar sirkulasi udara baru bisa masuk ke dalam kabin. Jika udara di dalam kabin bersih dan segar, AC pun tak perlu bekerja keras untuk memfiler udaranya. 

4. Mengecek Kondisi Mobil

Sembari menunggu mobil dipanaskan, cobalah untuk mengecek seluruh bagian mobil, jangan hanya membiarkannya saja. Cek tiap bagian mobil dengan mengecek keceluruhan komponen, dari mesin, interior mobil, hingga ban dan spion.

Pastikan semua bagian tersebut bekerja dengan baik agar tak menganggu perjalanan yang nantinya akan dilakukan. Periksa pula bagian lampu di indikator dasbor, jika lampunya mati, sebaiknya bawa dulu mobil ke bengkel untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. 

5. Panaskan di Tempat Terbuka

Merawat mobil baru dengan cara dipanasi juga harus memperhatikan tempat ketika proses pemanasan mesin dilakukan. Alih alih di dalam garasi, ada baiknya mobil di panasi di ruang terbuka. Sehingga gas yang keluar dari knalpot tidak masuk ke dalam kabin mobil.

Mudah bukan tips dan cara memanasi mobil yang baru dibeli? Terapkan tips diatas agar mobil yang dimiliki makin awet performa dan mesinnya.

Posting Komentar untuk "Cara Memanaskan Mobil Baru yang Jarang Dipakai"

List Blog Keren Rajabacklink