Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendaftaran Tes CPNS 2023 Akan Dibuka, Berikut Jadwal dan Cara Daftarnya

jadwal dan cara daftar tes cpns 2023

Pemerintah akan segera membuka pendaftaran CPNS 2023. Kabar ini disampaikan langsung oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Seperti yang kita tahu, profesi PNS atau ASN ini masih menjadi primadona bagi para job seeker untuk mendapatkan masa depan yang cerah.

Penerimaan seleksi CPNS ini tidak hanya menjawab antusiasme masyarakat, melainkan juga untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di masing-masing instansi atau kementerian.

Jadwal Seleksi CPNS 2023

Pada hari Senin (30/1/23), dikutip dari laman resmi Kemenpan RB, Abdullah Azwar Anas selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengatakan jika pendaftaran CASN (Calon Aparatur Sipil Negara) yang terdiri atas CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) akan dilaksanakan tahun 2023 ini.

Seleksi tahun ini akan dibuka untuk kalangan umum dengan jumlah terbatas. Dalam kesempatan lainnya, Jumat (27/1/2023) di Hotel Grand Sahid Raya, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kemenpan RB, Alex Denni menambahkan apabila rekrutmen akan ditargetkan lebih cepat dibandingkan tahun 2022. Kemungkinannya, akan mulai dibuka pada bulan Juni 2023 atau kuartal III.

Formasi CPNS 2023

Terkait daftar formasi CPNS 2023, Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas mengungkap jika pihaknya masih berupaya untuk memprioritaskan tenaga pendidikan dan kesehatan. Selain itu, juga akan memberi peluang bagi talenta digital.

Anas menganggap, pekerja digital sangat diperlukan untuk transformasi digitalisasi pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Cara Daftar CPNS 2023

Untuk link pendaftaran CPNS 2023 sendiri, belum ada keterangan resmi yang disampaikan oleh Kemenpan RB. Namun, kita bisa berkaca pada seleksi PPPK guru dan tenaga kesehatan pada September 2022 lalu. Berikut tahapan-tahapannya.

  1. Kunjungi portal https://sscasn.bkn.go.id.
  2. Klik tombol ‘Registrasi’.
  3. Lengkapilah data diri, yakni nama lengkap, NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan Nomor KK.
  4. Upload dokumen scan KTP dan pas foto formal.
  5. Setelah itu, klik tombol ‘Submit’.
  6. Lakukan proses login aku kembali untuk mengisi informasi yang masih kosong.
  7. Kemudian, pilih instansi, jenis seleksi, jenis formasi, pendidikan dan juga jabatan.
  8. Terakhir, cetak kartu pendaftaran dan jangan lupa dibawa saat melaksanakan tes CPNS 2023 nanti.

Untuk persyaratannya, mungkin bisa melihat dari persyaratan dari tes CPNS tahun 2021 lalu. Namun, kita juga harus tetap update terkait persyaratan serta cara daftar tes CPNS 2023 agar tidak salah langkah.

Ikut Try Out CPNS ASN Institute

Untuk menghadapi tes CPNS 2023 yang semakin dekat, maka kita perlu melakukan berbagai persiapan agar bisa lolos tes seleksi ini. Salah satunya dengan mengikuti try out CPNS dari ASN Institute. Selain try out CPNS, platform belajar online ini juga menyediakan try out PPPK dan try out kedinasan.

Kita juga bisa ikut program bimbel CPNS untuk lebih mematangkan persiapan. Didukung oleh tim pengajar yang berpengalaman, kita akan bisa memahami materi CPNS lebih cepat dan mudah. Untuk informasi selengkapnya bisa dilihat melalui laman asninstitute.id. Ayo raih impian menjadi ASN bersama ASN Institute!

Posting Komentar untuk "Pendaftaran Tes CPNS 2023 Akan Dibuka, Berikut Jadwal dan Cara Daftarnya"

List Blog Keren Rajabacklink