Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Karyawan

Pernah dengar istilah memanusiakan manusia? Istilah ini kerap kali terdengar untuk merujuk sikap maupun keputusan pemimpin (perusahaan atau apa pun itu) terhadap bawahannya. Sebab, memperlakukan bawahan, seperti karyawan, dengan baik akan membuat karyawan bekerja lebih giat dan tulus untuk pemberi kerja. Nah, selain gaji dan bonus, mayoritas pekerja juga akan melihat apakah perusahaan menawarkan asuransi kesehatan karyawan atau tidak. 

Sebagaimana Anda tahu, asuransi kesehatan karyawan berdasarkan situs Kita Lulus adalah bentuk proteksi yang diberikan perusahaan untuk karyawannya demi menjaga keberlangsungan kinerja operasional. Produk ini dapat memberi manfaat berupa meningkatkan kesejahteraan karyawan, meningkatkan produktivitas karyawan, melindungi karyawan secara finansial, meningkatkan loyalitas karyawan, dan juga meminimalisir risiko ketika terjadi musibah. Untuk itu, simaklah tips memilih asuransi kesehatan untuk karyawan yang tepat berikut ini: 

Perusahaan asuransi memiliki jaringan klinik dan rumah sakit yang luas

Saat ini, sudah ada banyak perusahaan asuransi yang tergabung dalam satu jaringan pemberi layanan kesehatan yang luas. Jaringan ini sudah tersebar di banyak klinik dan rumah sakit di seluruh Indonesia. Maka, pilihlah produk asuransi kesehatan dari perusahaan yang sudah bekerja sama dengan klinik dan rumah sakit yang memiliki jaringan di banyak kota. Dengan begitu, karyawan akan mudah untuk menjangkau rumah sakit tersebut ketika jatuh sakit atau membutuhkan perawatan darurat. 

Memberikan perlindungan 24 jam

Sama halnya dengan musibah, sakit juga datang tidak bisa diprediksi kapan waktunya. Bisa saja pekerja perusahaan Anda sakit di jam-jam yang tidak wajar, seperti tengah malam atau menjelang pagi hari. Jadi, ada baiknya Anda memilih produk asuransi dari perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan 24 jam. Dengan begitu, karyawan dapat segera tertolong sebelum keadaannya bertambah parah. 

Produk asuransi yang fleksibel

Jangan tergiur dengan penawaran premi asuransi yang murah saja. Sebaliknya, perusahaan juga harus memastikan layanan dari penyedia asuransi tersebut. Misalnya saja soal manfaat dan klaim asuransi, apakah prosedurnya akan menyulitkan atau tidak? Selain itu, pilih jugalah produk asuransi dengan kemudahan dalam membayar premi yang fleksibel; entah itu melalui ATM, mobile banking, ataupun internet banking. 

Melihat produk yang ditawarkan

Perusahaan pemberi kerja bisa memilih produk asuransi kesehatan sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Sebab, besar atau kecilnya manfaat yang akan diterma oleh pekerja bergantung pada premi yang akan dibayarkan oleh perusahaan selaku nasabah. Maka dari itu, pilihlah produk asuransi yang sesuai dengan anggaran perusahaan. Umumnya, perusahaan pemberi kerja akan memilih asuransi yang bisa menanggung semua biaya pengobatan para karyawan (hospital benefit) atau penggantian sejumlah dana sesuai dengan kesepakatan antara nasabah dan perusahaan asuransi (hospital cash plan). 

Memiliki layanan digital

Hal lain yang penting untuk dipertimbangkan adalah perusahaan asuransi memiliki layanan konsultasi digital atau bekerja sama dengan agregator kesehatan atau tidak. Layanan digital ini sangat memudahkan bagi karyawan yang sedang sakit ringan, yang tidak perlu jauh-jauh ke rumah sakit untuk sekadar berkonsultasi atau meminta diresepkan obat. Sebaliknya, karyawan cukup melakukan konsultasi melalui gadget-nya yang bisa diakses selama 24 jam per hari. 

Sistem Asuransi Cashless 

Selain beberapa pertimbangan di atas, tips memilih asuransi berikutnya adalah apakah produk asuransi tersebut memiliki layanan cashless (non tunai) atau tidak. Tujuannya adalah agar karyawan bisa menerima pengobatan hanya dengan menggunakan kartu asuransi yang dimiliki, tanpa harus membayar sendiri terlebih dahulu. Hal ini juga sangat penting apabila karyawan membutuhkan pertolongan darurat. 

Demikianlah ulasan mengenai tips memilih produk asuransi untuk para karyawan. Jika Anda masih bimbang, Anda bisa melihat produk asuransi karyawan yang dimiliki FWD Insurance dalam situs resminya. Dengan biaya premi yang terjangkau, FWD Insurance yang sudah diizinkan dan diawasi oleh OJK mampu memberikan pelayanan asuransi kesehatan pribadi maupun pekerja yang terbaik.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Karyawan"

List Blog Keren Rajabacklink