Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting! Ketahui Penyebab Haid Tidak Teratur dan Cara Mengatasinya

Haid merupakan proses luruhnya dinding lahir dengan keluarnya darah dari vagina. Umumnya, siklus haid biasanya terjadi dari 28 sampai 26 hari. Sedangkan durasi haid terjadi antara 3 sampai 7 hari. Meskipun begitu setiap wanita mempunyai siklus haid yang berbeda-beda ada yang lebih panjang atau malah lebih pendek.

Haid tidak teratur tentunya membuat sangat tidak nyaman bahkan bisa menjadi masalah yang sangat serius bagi perempuan. Hal itu akan mengakibatkan rasa lelah hingga rasa kram yang tentunya menggangu aktivitas. Sebenarnya apa saja sih penyebab haid menjadi tidak teratur dan bagaimana cara mengatasinya? Nah untuk itu, yuk simak informasi lengkapnya pada artikel kali ini ya. 

Penyebab Haid Tidak Teratur

Sebenarnya penyabab utama dari haid yang tidak teratur adalah ketidakseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron. Jika ditelusur lagi, faktor yang bisa mempengaruhi hormon tersebut antara lain: 

Kehamilan

Kehamilan akan ditandai dengan berhentinya siklus haid. Kita bisa melakukan tes kehamilan untuk mengetahui hamil atau tidak. Jika masih ragu, datang ke dokter dan melakukan USG adalah pilihan yang tepat. 

Alat Kontrasepsi

Menggunakan alat kontrasepsi akan membuat perubahan pada siklus haid. Sebut saja seperti IUD yang akan menyebabkan darah yang keluar saat haid lebih banyak. Sedangkan penggunaan pil KB bisa menyebabkan darah haid yang keluar sedikit atau bahkan tidak mengalami haid hingga beberapa bulan lamanya. 

Menopause dan Kondisi kesehatan lainnya

Saat menopause umumnya haid akan tidak teratur atau bahkan berhenti. Hal ini karena produksi hormon estrogen dan progesterone dalam tubuh tidak teratur. Haid tidak teratur juga bisa disebabkan oleh meningkatnya atau menurunnya berat badan secara signifikan, stres, pola makan yang tidak sehat atau bahkan karena penyakit tertentu.

Untuk menghindari hal-hal yang dapat membuat kita khawatir, kita bisa melakukan beberapa hal untuk mengatasi haid yang tidak teratur. 

Cara Mengatasi Haid yang Tidak Teratur 

Menjaga Berat Badan Ideal

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa perubahan berat badan yang signifikan akan membuat haid menjadi tidak teratur. Maka, dengan cara mengatur agar berat badan menjadi ideal akan memudahkan kita untuk mendapatkan siklus haid yang lebih teratur.

Untuk memudahkan pengaturan berat badan, kita bisa menggunakan aplikasi kesehatan tertentu sebagai acuannya. Kemudian, kita pastinya perlu menerapkan pola makan yang sehat dan gaya hidup yang baik. 

Olahraga yang Teratur

Olahraga teratur tentunya banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menjaga atau memperbaiki siklus haid kita. Dengan olahraga kita bisa meningkatkan produksi dari hormon endorfin yang ada pada tubuh. Hormon itu akan menurunkan kadar stress kita yang menjadi salah satu penyebab haid tidak teratur. 

Yoga

Salah satu penelitian menyebutkan yoga yang dilakukan rutin setiap 35-40 menit bisa menyeimbangkan hormone pada tubuh. Dengan melakukan yoga, kram saat haid akan terkurangi. Yoga juga dapat menstabilkan emosi kita. 

Mengkonsumsi Vitamin D

Mengkonsumsi vitamin D dapat membantu untuk memprteratur siklus haid. Vitamin D dapat mengatasi haid yang tidak teratur karena PCOS. Vitamin D juga dipercaya dapat mengurangi stress dan berat badan.

Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi haid yang tidak teratur. Jika kita segera mengatasi haid yang tidak teratur dengan tepat, maka haid akan segera kembali normal. Ingin tahu lebih banyak tentang permasalahan haid? Yuk kunjungi chargirlstalk.com. Dan pastinya, pembalut yang paling bisa diandalkan saat haid adalah Charm. Dengan bahan dan teknologi terbaik, pembalut Charm akan menjadikan aktifitas beratmu menjadi lancar tanpa hambatan akibat haid.

Posting Komentar untuk "Penting! Ketahui Penyebab Haid Tidak Teratur dan Cara Mengatasinya "

List Blog Keren Rajabacklink