Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Jenis-Jenis Anxiety Disorder yang Paling Umum!


 

Selain penyakit fisik, penyakit mental adalah sesuatu yang tidak bisa kita abaikan dan harus kita waspadai. Sama seperti penyakit fisik, penyakit mental memiliki berbagai kategori dan di dalam kategori tersebut terdapat beberapa jenis penyakit. Salah satu kategori penyakit mental yaitu Anxiety Disorder.

Apa itu anxiety disorder? Anxiety disorder adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan khawatir, cemas atau takut berlebihan yang tidak kunjung hilang sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang. Mari kenali beberapa jenis anxiety disorder yang paling umum!

1. Generalized Anxiety Disorder (GAD)

Generalized Anxiety Disorder (GAD) ditandai dengan perasaan cemas yang berlebihan terhadap pekerjaan, akademis, maupun hal lain dalam kehidupan yang tidak dapat seseorang kontrol dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Hal ini mengakibatkan seseorang akan merasa sangat mudah lelah, gelisah, waspada, kesulitan tidur, susah berkonsentrasi, dan hal lainnya yang menyebabkan penurunan produktivitas. 

2. Obsessive-Compulsive Disorder (OCD)

Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) adalah gangguan kecemasan dan ditandai dengan pikiran yang tidak diinginkan (obsesi) dan / atau perilaku berulang (kompulsi). Perilaku berulang seperti mencuci tangan, menghitung, memeriksa atau membersihkan sering dilakukan dengan harapan menghilangkan pikiran obsesif yang muncul. Jika hal ini tidak dilakukan maka seseorang dengan OCD percaya bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi.

3. Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) adalah gangguan kecemasan yang dapat terjadi setelah mengalami peristiwa atau cobaan yang menakutkan yang menyebabkan seseorang merasa terancam atau terjadi kerusakan fisik yang parah. Peristiwa traumatis yang dapat memicu PTSD termasuk serangan kekerasan terhadap seseorang, bencana alam atau bencana yang disebabkan manusia, kecelakaan atau perang. 

4. Panic Disorder

Panic Disorder adalah gangguan kecemasan dan ditandai dengan serangan panik atau ketakutan ekstrim yang tak terduga dan berulang disertai dengan gejala fisik seperti nyeri dada, jantung berdebar, sesak napas, pusing atau gangguan perut. Seseorang yang memiliki panic disorder juga merasa cemas terhadap serangan panik yang mungkin akan datang selanjutnya. 

5. Social Phobia atau Social Anxiety Disorder

Social Phobia atau Social Anxiety Disorder adalah gangguan kecemasan yang ditandai dengan kecemasan yang berlebihan dan kesadaran diri yang berlebihan dalam situasi sosial sehari-hari. Seseorang yang menderita social phobia memiliki ketakutan berlebihan terhadap perhatian dan penilaian orang lain.

Itulah beberapa jenis anxiety disorder yang paling umum terjadi. Jangan lakukan diagnosis sendiri. Jika kamu merasakan kecemasan atau panik yang tidak bisa kamu kendalikan dan mengganggu pekerjaan, rutinitas, hubungan atau kehidapan sehari-hari, kamu wajib untuk menemui dan melakukan konsultasi dengan psikolog atau psikiater ya!

Posting Komentar untuk "Kenali Jenis-Jenis Anxiety Disorder yang Paling Umum!"

List Blog Keren Rajabacklink