Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 4 Komponen Dalam Sistem E-Commerce

Di zaman serba digital seperti sekarang ini membuat banyak hal terjadi dengan sangat mudah. Misalnya pembayaran belanja yang menggunakan payment gateway sehingga transaksi lebih cepat, aman, dan mudah.

Nah, tahukan kamu bahwa payment gateway sendiri merupakan salah satu komponen yang penting dalam transaksi online. Ya, transaksi online kini semakin marak karena aktivitas belanja kebutuhan rumah hingga transportasi semua berbasis digital.

Dengan pesatnya penggunaan internet saat ini, maka sistem jual beli dalam dunia maya pun semakin berkembang. Perniagaan elektronik atau lebih terkenal dengan istilah e-commerce merupakan transaksi perdagangan yang menggunakan internet sebagai media perantara.

Dalam sistem transaksi online tersebut ada empat komponen penting yakni marketplace/store, penjual dan pembeli, payment gateway, serta jasa pengiriman. Simak ulasannya berikut ini, ya! 

Markerplace/Store

Marketplace atau store merupakan wadah untuk para penjual menawarkan produknya kepada konsumen. Terdapat hal yang membedakan marketplace dengan store. Marketplace adalah tempat berkumpulnya pihak yang ingin membeli dan menjual barang untuk melakukan transaksi jual beli secara online.

Sedangkan, store hanya memungkinkan pembeli langsung memesan produk kepada penjual secara online dan hanya ada satu toko saja yang menjual. 

Penjual dan Pembeli

Penjual merupakan orang yang menjual barang atau jasa kepada para konsumen. Sedangkan, pembeli adalah orang yang membeli barang yang penjual tawarkan. Ada banyak hal yang mendorong seseorang memilih belanja online, salah satunya lebih efisien dan praktis sehingga tidak perlu keluar rumah. 

Payment Gateway

Tentunya, semakin banyak yang melakukan belanja secara online, maka sistem pembayaran pun akan semakin berubah menjadi lebih mudah dan praktis pula. Seperti yang sudah ada sekarang, banyak pembayaran yang akhirnya menggunakan payment gateway.

Adanya beragam promo tambahan membuat banyak pembeli yang tertarik membayar dengan cara tersebut. Payment gateway sendiri merupakan sistem yang mengatur proses pembayaran dari pembeli kepada penjual.

Jadi, ketika ada pelanggan pada situs e-commerce sudah memutuskan untuk membeli sebuah produk, maka informasi mengenai transaksi tersebut akan terhubung dengan sumber payment gateway.

Kemudian, payment gateway akan meneruskan informasi transaksi ke prosesor pembayaran bank. Nah, itulah cara kerja dari payment gateway dalam transaksi online. 

Jasa Pengiriman

Komponen terakhir dalam belanja online adalah tersedianya jasa pengiriman. Apabila tidak ada jasa pengiriman, bagaimana bisa barang yang sudah pembeli pesan sampai ke tangannya dengan cepat dan aman?

Perusahaan yang menyediakan jasa belanja online pastinya telah memikirkan mengenai jasa pengiriman atau yang sering kita kenal dengan jasa kurir.

Perlu kita ketahui bahwa packing atau pengemasan barang, serta jenis dan kekuatan packing sanngat berpengaruh pada barang yang akan penjual kirim. Hal inilah yang menentukan apakah barang tersebut bisa selamat dari kerusakan sebelum sampai ke tangan pembeli.

Bahkan, jalur yang jasa pengiriman lalui pun juga ikut menentukan. Hal tersebut terkait dengan jumlah dan berat barang yang boleh terkirim dalam satu kali angkut. Maka dari itu, terkait hal ini harus jelas agar tidak terdapat kesalahpahaman dalam pengiriman.

Dengan belanja online, semua pihak yang terlibat akan merasa lebih senang. Apalagi jika transaksi online berjalan secara mudah dan aman menggunakan payment gateway dari Midtrans.

Payment gateway yang satu ini sudah mendapat izin dari Bank Indonesia dan telah terlengkapi dengan deteksi anomali terdepan sehingga proses transaksi maupun data terjamin keamanannya. Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi midtrans.com.

Posting Komentar untuk "Mengenal 4 Komponen Dalam Sistem E-Commerce"

List Blog Keren Rajabacklink