Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang Perlu Orang Tua Lakukan Ketika Anak Belum Bisa Baca Tulis

hal yang perlu orang tua lakukan ketika anak belum bisa baca tulis

Apabila anak sulit membaca atau menulis tidak memperoleh penanganan segera, maka bukan tidak mungkin jika mereka akan kesulitan baca tulis sampai dewasa nanti. Oleh sebab itu, orang tua perlu mengikuti BIBA untuk melatih kemampuan baca tulis anak.

Kesalahan mengeja atau tidak mampu menuliskan huruf seperti anak seusianya membuat anak merasa kecewa dengan diri sendiri, minder, dan akhirnya tidak mau bergaul. Tnetunya, hal ini sangat kurang baik untuk tumbuh kembang buah hati.

Lalu, apa yang perlu orangtua lakukan ketika anak sedang berada pada tahap belum mampu baca tulis? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Jangan Menghukumnya

Mungkin saja orang tua merasa kecewa karena anak sulit membaca maupun menulis. Kemudian, orang tua menghukumnya dengan harapan anak semakin bekerja keras untuk belajar. Namun, bagaimana jika ternyata ada gangguan media seperti disleksia sehingga mereka lamban untuk baca tulis?

Oleh sebab itu, Sebaiknya orang tua selalu mengawasi dan berkonsultasi kepada gurunya sehingga orang tua lebih memahami perkembangan buah hatinya. Jangan sampai memarahinya di depan orang lain, ya!

Terus Mencintai dan Memberi Motivasi

Meskipun anak belum bisa baca dan tulis, jangan sampai keadaan tersebut dapat mengubah perasaan sayang orang tua terhadap anak. Orang tua perlu menyadari bahwa tidak boleh terlalu berharap kepadanya.

Hal tersebut bisa orang tua tunjukkan dengan tidak merasa kecewa atau memarahinya saat mereka gagal memahami suatu hal. Selalu berikan motivasi kepada anak bahwa mereka mampu melewati kelemahannya dan harus selalu mencoba.

Mengajarinya dengan Sabar

Orang tua perlu ikut serta dalam perkembangan kemampuan anak dalam baca dan tulis. Ayah Bunda dapat mengajarkan dasar membaca dengan beberapa cara yang membuat anak tertarik dan mengingatnya.

Misalnya, menggunakan huruf dasar dan kata sederhana dengan bentuk yang unik dan berwarna-warni. Anak biasanya lebih memahami dan mengingat dengan cara belajar sambil bermain.

Meminta Bantuan

Apabila Ayah Bunda merasa kurang mampu menangani buah hati yang sedang kesulitan membaca atau menulis sendirian. Orangtua bisa meminta bantuan dari orang yang lebih profesional dalam hal ini.

Misalnya, mendaftarkan anak ke dalam bimbingan baca dan tulis di BIBA. Tempat bimbingan ini memiliki metode unggul seperti SIP (Simple, Interesting, and Practice) sehingga anak akan belajar lebih mudah dan menyenangkan.

Selain itu, BIBA juga menyediakan tentor yang PAS (Patient, Actived, and Sociable) sehingga mereka sangat sabar, ramah, dan mampu memberikan motivasi agar anak semakin betah ketika belajar.

Penasaran dengan tempat Les Baca Tulis Anak yang satu ini? Yuk, cek informasi lengkapnya di biba-anak.com. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Hal yang Perlu Orang Tua Lakukan Ketika Anak Belum Bisa Baca Tulis"

List Blog Keren Rajabacklink