Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Fundraising dan Segudang Manfaatnya

Ada banyak orang Indonesia yang ketika mereka membicarakan tentang donasi atau yang berkaitan dengan penggalangan dana. Untuk proses penggalangan dana tersebut biasanya yang dikumpulkan juga sangat beragam jadi memang tidak hanya uang saja. terkadang ada juga yang berbentuk barang misalnya seperti baju, buku, dan masih banyak lagi. Dan biasanya nanti hasilnya akan digunakan untuk kepentingan orang banyak.

Tetapi sebenarnya proses penggalangan dana atau yang lebih sering kita kenal dengan sebutan fundraising ini, biasanya punya berbagai macam metode atau strategi yang dilakukan. Selain itu juga ada beberapa manfaat dan fungsi yang akan dicapai dari kegiatan tersebut. Penasaran dengan apa saja kira-kira manfaatnya? Nah, berikut ini penjelasannya:

Mengumpulkan dana untuk keperluan orang banyak

Biasanya ketika seseorang melakukan kegiatan penggalangan dana, orang tersebut berharap bahwa nanti dana yang terkumpul jumlahnya bisa lebih dari apa yang menjadi target dari kegiatan yang telah kita lakukan tersebut. Dengan begitu ketika dana terkumpul maka bisa digunakan untuk membantu orang banyak. 

Ajakan untuk berbuat kebaikan

Setiap orang pasti akan senang jika diajak untuk selalu berbuat baik, dan lewat penggalangan dana ini dengan punya tujuan dan manfaat yang positif maka secara langsung kita sudah mengajak orang-orang untuk bisa berbuat baik pada sesama dan pada orang yang membutuhkan. 

Jadi di atas adalah beberapa penjelasan tentang apa itu manfaat penggalangan dana. Sudah disebutkan juga di atas bahwa ada juga strategi fundraising yang dipilih guna menarik minat para donatur supaya uang atau dana yang dikumpulkan hasilnya juga lebih banyak. Dan sebagai contohnya adalah seperti yang dilakukan oleh pihak Wahana Visi Indonesia atau WVI yang merupakan yayasan Kristen dengan fokus pada pendampingan anak-anak Indonesia. 

Mereka punya program chosen donatur untuk mencarikan anak-anak Indonesia sponsorship yang bisa melakukan pendampingan dan memberikan manfaat bagi anak-anak tersebut. Dengan kegiatan tersebut nanti suatu saat diharapkan bisa membuat kehidupan anak-anak tersebut menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Fundraising dan Segudang Manfaatnya"

List Blog Keren Rajabacklink