Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selayang Pandang Tentang Universitas Pertamina

selayang pandang tentang universitas pertamina

Indonesia menerapkan sistem wajib belajar selama 12 tahun, yaitu 6 tahun menempuh pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD/sederajat), lanjut di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP/sederajat) selama 3 tahun dan Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat) yang juga harus dilakoni para pelajar selama 3 tahun.

Untuk di tingkat perguruan tinggi, tergantung pilihan masing-masing ingin lanjut atau memilih langsung bekerja. Di tahun 2021, sudah ada lebih dari 4.600 perguruan tinggi di Indonesia. Angka tersebut terbagi lagi dalam presentase 32% PTN (Perguruan Tinggi Negeri) di bawah naungan berbagai kementerian dan 68% sisanya merupakan PTS (Perguruan Tinggi Swasta).

Termasuk salah satunya adalah Universitas Pertamina. Berdirinya universitas ini sebagai wujud kontribusi PT Pertamina (Persero) kepada masyarakat Indonesia melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi, serta didirikan dengan semangat menjadi perguruan tinggi berkelas di dunia dalam bidang bisnis dan teknologi energi.

Daftar Fakultas dan Program Studi S1 Universitas Pertamina

Saat ini, Universitas Pertamina telah memiliki 6 Fakultas dan 15 Program Studi di tingkat Strata 1, di antaranya:

  • Fakultas Komunikasi dan Diplomasi, meliputi program studi Hubungan Internasional dan Komunikasi.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan program studi Ekonomi dan Manajemen.
  • Fakultas Teknologi Industri, dengan program studi Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia dan Teknik Logistik.
  • Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, meliputi program studi Kimia dan Ilmu Komputer.
  • Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dengan program Teknik Geologi, Teknik Geofisika dan Teknik Perminyakan.
  • Fakultas Perencanaan Infrastruktur, meliputi program studi Teknik Lingkungan dan Teknik Sipil.

Fakultas dan program studi tersebut telah didukung dengan para dosen lulusan Master dan Doktor terbaik dari dalam negeri maupun luar negeri.

fasilitas dan layanan di universitas pertamina

Fasilitas yang Tersedia di Universitas Pertamina

Universitas Pertamina juga menyediakan berbagai fasilitas dan layanan terbaik untuk mendukung pembelajaran para mahasiswanya. Di antaranya perpustakaan, auditorium, laboratorium universitas dan laboratorium fakultas.

Laboratorium Universitas dan Fakultas terbagi menjadi Laboratorium Teknik Elektro, Praktikum Fisika Dasar, Praktikum Teknik Logistik, Laboratorium Mikroskop Geologi, Laboratorium Fakultas, Laboratorium Petrofisika dan Fluida Reservoir serta Laboratorium Pengeboran. 

Kampus Energi ini bertekad untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan salah satu upayanya yakni memberikan kesempatan untuk menempuh pendidkan yang berkualitas dan terjangkau. Terbukti dengan adanya sejumlah program beasiswa yang akan membantu para pelajar berprestasi dalam mewujudkan impian.

Dengan adanya program tersebut, diharapkan akan menghasilkan lulusan atau sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi dan bisa menjadi global champion. Tertarik untuk berkuliah di Universitas Pertamina? Cari tahu informasi lebih lengkap melalui website universitaspertamina.ac.id. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Selayang Pandang Tentang Universitas Pertamina"

List Blog Keren Rajabacklink