Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Salah Pilih, Ini Faktor Pemilihan Pressure Gauge yang Tepat

faktor pemilihan pressure gauge yang tepat

Pressure gauge adalah instrumen penting yang digunakan dalam pengukuran tekanan fluida (cair dan gas). Kebanyakan alat ini dirancang, dikonfigurasi dan diproduksi secara tepat untuk memenuhi kebutuhan spesifik industri serta memberikan data yang tepat dan akurat.

Terlepas dari itu semua, penting sekali bagi kita untuk mempertimbangkan dengan cermat semua faktor tentang pengukur tekanan sebelum memutuskan datang ke tempat jual pressure gauge. Pemilihan pengukuran yang tepat dan akurat akan membantu menghindari banyak masalah terkait dengan malfungsi pengukur tekanan.

Lantas, apa saja faktor pemilihan pressure gauge yang tepat? Langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini!

Ketepatan atau Akurasi

Menurut sebuah sumber, akurasi pengukur tekanan berkisar dari 4A hingga D yang diuraikan dalam ASME 40.1. Untuk akurasi pengukur tekanan mekanis, akurasinya ditentukan oleh presentase skala penuh atau rentang.

Penentuan akurasi ini sangat perlum tergantung pada fungsi pengukur tekanan, dari pengujian sederhana hingg pemantauan proses industri yang kompleks.

Umumnya, pengukur tekanan pengujian harus mempunyai akurasi 0,25% hingga 0,10% pada skala penuh. Sementara, pada proses kritis membutuhkan akurasi 0,5% dan proses yang kurang kritis bisa memiliki akurasi 2%.

Dial

Tombol pengukur tekanan sangat bervariasi, tergantung jenis pengukur tekanan dengan ukuran rata-rata antara 1,5 inci dan 16 inci. Faktor penentu ukuran dial ini terletak pada di mana ia ditempatkan dan akurasi yang dibutuhkan.

Umumnya, dial yang lebih besar digunakan di area operasi yang tidak mudah diakses dan sebaliknya. Dial yang kecil digunakan di tempat yang mudah diakses. Pengukur tekanan harus sering kita baca dan harus akurat. Aturan praktisnya mempunyai dial dengan permukaan besar untuk pembacaan cepat dan mudah.

Rentang Tekanan

Tekanan operasi maksimum tidak boleh hingga lebih dari 75% rentang skala penuh. Jika memilih pengukur tekanan yang melebihi kisaran ini, akan mengakibatkan kelelahan dan kegagalan alat tersebut.

Elemen sensor tekanan terbuat dari berbagai logam, meliputi perunggu, kuningan, paduan baja, baja tahan karat, Monel dan juga Inconel.

Lingkungan

Lingkungan menjadi faktor yang memiliki peran penting dalam perangkat pemantauan, kalibrasi atau pengumpulan data apapun. Faktor lingkungan mencakup suhu, partikel dalam media dan atmosfer, kondensasi dan kelembaban.

Suhu menjadi faktor utama dalam lingkungan, yang secara dramatis mempengaruhi pembacaan pengukur tekanan. Model pengukur tekanan yang dirancang untuk mengimbangi suhu harus terisolasi agar terlindungi dari perbedaan suhu ekstrim. Intinya, kita harus mengetahui bagaimana kondisi lingkungan di sekitar untuk menentukan pressure gauge yang sesuai.

Itulah beberapa faktor dalam pemilihan pressure gauge yang tepat. Bagi yang ingin alat pengukur tekanan berkualitas, beli saja di distributor pressure gauge PT Lamindo Prima Mandiri. Mereka juga menyediakan peralatan lain seperti industrial valve, mechanical serta electrical and accsesories.

Informasi lebih lengkapnya bisa kita lihat di laman lamindo.co.id atau langsung saja menghubungi kontak +62-254-781-5008. Semoga bermanfaat, ya!

Posting Komentar untuk "Jangan Salah Pilih, Ini Faktor Pemilihan Pressure Gauge yang Tepat"

List Blog Keren Rajabacklink