Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Tahapan Seleksi Akpol Tingkat Daerah

Proses Tahapan Seleksi Akpol Tingkat Daerah

Tahapan seleksi Akpol biasanya dibagi menjadi 2 tahapan yaitu seleksi daerah di masing-masing wilayah dan seleksi pusat. Tes tersebut juga memerlukan keahlian akademis, psikologis dan juga psikis. Oleh sebab itu tidak jarang orang mengambil Bimbel masuk Akpol agar memiliki persiapan yang lebih matang. Tanpa berbasa-basi lagi ini dia beberapa tahapan tes seleksi Akpol di tingkat daerah.

Seleksi Akpol Tingkat Daerah 

1) DAFTAR PERIKSA ADMINISTRASI AWAL
Tahap pemeriksaan administrasi awal adalah tahap pemeriksaan kelengkapan administrasi pemohon serta pengukuran tinggi dan berat badan. 

2) PEMERIKSAAN KESEHATAN TAHAP 1
Pemeriksaan fisik pada tahap ini merupakan pemeriksaan fisik tahap pertama termasuk kesehatan luar. 

3) Tes Psikografik
Tes psikometri regional adalah kegiatan yang melibatkan pengumpulan dan pemrosesan data psikometri untuk mengungkapkan karakteristik psikologis, skor individu sesuai dengan nilai dan kondisi yang ditetapkan. 

4) TES KESETARAAN FISIK A
Tes bakat A diperkenalkan untuk mengukur kebugaran seseorang melalui tes bakat dengan peralatan yang berjalan selama 12 menit. 

5) UJI KESESUAIAN FISIK B
Ini adalah langkah selanjutnya dari Pemeriksaan Kompatibilitas A, pada tahap ini calon siswa akan diuji dengan benda Materi Pull UP (laki-laki) sembilan (perempuan), Sit Up, Push Ujian Up dan Shuttle Run. 

6) Ujian Renang
UJIAN RENANG Tes renang adalah tes keterampilan tertinggi regional, sedangkan materi tesnya adalah berenang 25 meter. 

8) TES BEASISWA
Ujian akademik adalah ujian akademik daerah yang terdiri dari materi ujian Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia dan Matematika. 

9) TAHAP 2 TES
Merupakan tes kesehatan bagi calon AKABRI yang meliputi pemeriksaan kesehatan internal dan laboratorium. 

10) TES FISIK
Pemeriksaan kesehatan jiwa untuk mengetahui kesehatan jiwa taruna Akademi Kepolisian.

11) AUDIT ADMINISTRATIF AKHIR
Ujian Akhir Seleksi Administrasi merupakan tahapan akhir administrasi di tingkat daerah. Informasi 

12) BUKA KARTU SEKOLAH DAERAH
Ini adalah langkah terakhir daerah dalam menentukan kelulusan siswa Akpol untuk dikirim ke jenjang Pascasarjana Akpol Semarang.

Menjadi polisi memang tidak mudah, seorang polisi yang baik dan ideal harus memiliki attitude yang baik, kondisi psikis yang prima juga psikologis yang stabil. Hal ini dikarenakan pekerjaan polisi cukup berat terlebih akan sangat berkaitan dengan bahaya dan juga tekanan dari masyarakat. Oleh sebab itu diperlukan kondisi fisik, mental dan juga attitude yang baik.

Demi memenuhi standar psikis seorang calon polisi harus menjaga kesehatan badan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan juga menjaga pola makan yang benar agar terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan. Tidak jarang juga calon anggota polisi membeli beberapa peralatan fitness seperti barbell, dumbbell, alat sit up dan lain sebagainya untuk menjadikan badan mereka lebih kuat dan sehat.

Posting Komentar untuk "Proses Tahapan Seleksi Akpol Tingkat Daerah"

List Blog Keren Rajabacklink