Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cermat Sekolah Online Agar Tetap Memahami Materi Pelajaran

Tips Cermat Sekolah Online

Pandemi mengharuskan setiap siswa untuk belajar dari rumah secara daring. Hal ini membuat para siswa harus cepat beradaptasi dengan keadaan dengan tetap memahami materi meski belajar secara jarak jauh. Sebagian anak merasa jika sekolah online, cukup sulit untuk memahami materi pelajaran.

Namun bukan berarti lantas anak-anak harus menyerah dengan keadaan ini. Orang tua bisa membantu anak untuk tetap belajar daring dan memahami materi yang diberikan dengan beberapa tips berikut. 

Membuat Jadwal Pembelajaran

Yang pertama Anda harus membuat jadwal pembelajaran. Cara ini dapat membantu anda untuk lebih mudah menyiapkan materi pelajaran keesokan harinya. Dengan menyiapkan materi, otomatis Anda juga lebih mudah untuk menyerap pelajaran yang sedang dijelaskan oleh guru saat kelas online.

Anda bisa juga mencatat poin-poin penting dalam materi. Bisa mencatat langsung di buku catatan atau lewat catatan di smartphone. Untuk catatan penjelasan ini, bisa berupa peta konsep ataupun catatan singkat. 

Download E-book

Saat belajar online maka anda tidak perlu untuk memiliki catatan ringkasan pelajaran. Karena semua materi pelajarannya sudah berbentuk file, ini merupakan sebuah keuntungan saat belajar secara daring. 

Lalu untuk membantu anda lebih memahami materi pelajaran maka download e-book untuk referensi pembelajaran. Simpelnya menggunakan ebook adalah Anda bisa membaca buku ini dimana saja dan kapan saja tanpa harus membawa banyak-banyak buku. 

Lakukan Review Materi Secara Rutin

Anak juga dapat lebih mudah untuk menguasai materi pelajaran dengan cara melakukan review materi pelajaran itu sendiri secara rutin. Setelah menyelesaikan kelas online, lalu anak akan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Setelah itu, ingatkan aku untuk mengulas kembali materi pelajaran yang sudah dijelaskan pada kelas online di hari yang sama.

Jika hal ini dilakukan secara rutin akan membantu anak untuk lebih mudah mendalami materi. Anak juga akan mendapatkan ingatan yang lebih panjang soal materi pelajaran, hingga nanti saat ujian juga lebih mudah untuk menjawab soal-soalnya. 

Membuat Daftar Tugas

Solusi strategis yang juga bisa anda lakukan untuk menguasai materi pelajaran adalah dengan menyiapkan buku catatan khusus. Buku tersebut bisa anda isi untuk penugasan di setiap pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Jika semua tugas sudah diselesaikan beri tanda selesai.

Hal ini untuk membantu anda lebih mudah menyelesaikan tugas agar tidak ada yang tertinggal. Jika malas mencatat, maka anda bisa membuat grup WhatsApp privat yang isinya berkaitan dengan pelajaran. Mulai dari e-book jadwal ujian, jadwal tugas hingga link pembelajaran. 

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan anak untuk lebih mudah menguasai materi pelajaran saat sekolah online. Mungkin beberapa anak akan merasa kesulitan karena tidak terbiasa dengan tips di atas, maka dari itu Anda bisa coba praktekkan satu persatu secara perlahan agar membantu anak dalam belajar lebih baik lagi. 

Pijar Sekolah sebagai platform yang membantu mencerdaskan anak bangsa lewat konsep belajar online, memperkenalkan platform pembelajaran secara digital yang seru dan menyenangkan. Platform ini berisi konten-konten edukasi, video pembelajaran hingga laboratorium maya. 

Tidak hanya itu saja, Pijar Sekolah juga memiliki fitur ujian sekolah berbasis komputer yang diberi nama USBA. USBA memiliki konsep yang sama dengan UNBK. Dimana setelah ujian, anda bisa langsung melihat skor atau nilai dari ujian tersebut. Untuk informasi lebih lengkap mengenai platform Pijar Sekolah, bisa kunjungi pijarsekolah.id.

Posting Komentar untuk "Tips Cermat Sekolah Online Agar Tetap Memahami Materi Pelajaran"

List Blog Keren Rajabacklink