Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Imunisasi Yang Wajib Diberikan Pada Bayi

Jenis Imunisasi Yang Wajib Diberikan Pada Bayi

Banyak hal yang perlu diperhatikan oleh para orang tua, sebelum melakukan imunisasi pada anak. Mulai dari jenis imunisasi yang akan diberikan, jadwal pemberian imunisasi, sampai dengan pendampingan saat dilakukan imunisasi. Berikut merupakan imunisasi yang wajib diberikan pada bayi sesuai dengan umurnya. 

Vaksin Hepatitis B (HB) monovalen

Sebaiknya diberikan kepada bayi segera setelah lahir sebelum berumur 24 jam, didahului penyuntikan vitamin K1 minimal 30 menit sebelumnya. Bayi dengan berat lahir kurang dari 2000g, imunisasi hepatitis B sebaiknya ditunda sampai berumur 1 bulan atau lebih.

Kecuali ibu HBsAg positif dan bayi bugar berikan imunisasi HB segera setelah lahir tetapi tidak dihitung sebagai dosis promer. Bayi lahir dari ibu HBsAg positif, segera berikan vaksin HB dan immunoglobulin hepatitis B(HBlg) pada ekstremitas yang berbeda, maksimal dalam 7 hari terakhir setelah lahir. Imunisasi HB selanjutnya diberikan bersama DTwP atau DTaP.

Vaksin polio 0 (nol)

Sebaiknya vaksin ini diberikan segera setelah lahir. Apabila lahir di fasilitas kesehatan berikan bOPV-0 saat bayi pulang atau pada kunjungan pertama. Selanjutnya berikan bOPV atau IPV bersama DTwP atau DTaP. Vaksin IPV minimal diberikan 2 kali sebelum berumur 1 tahun bersama DTwP atau DTaP.

Vaksin BCG

Vaksin ini sebaiknya diberikan segera setelah lahir atau segera mungkin sebelum bayi berumur 1 bulan. Bila berumur 3 bulan atau lebih,BCG diberikan bila uji tuberculin negative. Bila uji tuberculin tidak tersedia, BCG dapat diberikan. Bila timbul reaksi local cepat pada minggu pertama dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk diagnosis tuberculosis.

Vaksin DPT

Vaksin satu ini dapat diberikan mulai umur 6 minggu berupa vaksin DTwP atau DTaP. Vaksin DTaP diberikan pada umur 2,3,4 bulan atau 2,4,6 bulan. Booster pertama diberikan pada umur 18 bulan. Booster berikutnya diberikan pada umur 5-7 tahun atau pada program BIAS kelas 1. Umur 7 tahun atau lebih menggunakan vaksin Td atau Tdap. Booster selanjutnya pada umur 10-18 tahun atau pada program BIAS kelas5. Booster Td diberikan setiap 10 tahun.

Masih banyak lagi seputar imunisasi Bayi tambahan yang bisa diberikan. Pastikan sebelum melakukan imunisasi pada anak, anda mengetahui informasi seputar imunisasi mulai dari mencari di internet ataupun konsul dengan dokter.

Selain imunisasi wajib untuk bayi, anda bisa melakukan imunisasi tambahan. Ketika melakukan imunisasi pastikan bayi selalu didampingi, jika tidak bisa salah satu upaya yang bisa anda gunakan agar bayi tetap nyaman yaitu dengan menggunakan popok bayi antibocor seperti merries.

Posting Komentar untuk "Jenis Imunisasi Yang Wajib Diberikan Pada Bayi"

List Blog Keren Rajabacklink