Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ulasan Mengenai Reseller Dropship yang Wajib Kamu Ketahui

WebinarMU- Semenjak makin maraknya platform jual beli online, mulai muncul istilah reseller dropship. Berdasarkan data dari Databoks, diketahui bahwa pada 2019 jumlah reseller yang ada di e-commerce mencapai 15.97% dan akan terus meningkat dari waktu ke waktu. 

Apa sih reseller dan dropship itu? Berikut ulasan lengkapnya. 

Pengertian Reseller

Kalian mungkin sudah familiar dengan kata reseller. Tetapi, apa itu reseller? Reseller merupakan proses penjualan kembali suatu barang dari supplier tanpa ada stok barang dengan komisi yang ditetapkan sendiri atau ditentukan oleh supplier. Sederhananya, reseller adalah menjualkan kembali setiap barang baru yang telah dibeli. 

Biasanya, reseller akan membeli barang jika ada pesanan saja. Namun, ada juga yang sengaja menyetok barang, agar lebih cepat pelayanannya ketika ada konsumen yang order. Meski demikian, jumlah barang yang tersedia reseller tidak terlalu banyak. 

Pengertian Dropship

Jika Anda kenal istilah reseller, pasti juga mengenal istilah lain yaitu dropship. Pengertian dropship secara singkat ialah sistem jual beli perantara. Maksudnya, ada konsumen yang membeli barang ke dropshipper, kemudian si dropshipper ini akan meneruskan pesanan kepada supplier. Supplier yang akan mengirimkan barang atas nama dropshipper. 

Cara Menjadi Reseller dan Dropshipper

Reseller dan dropshipper ini sering dijadikan pekerjaan sampingan untuk beberapa kalangan seperti pelajar/mahasiswa atau ibu rumah tangga. Mereka ingin tetap menghasilkan uang, namun tidak meninggalkan prioritas utamanya.

Sebelumnya sudah dibahas mengenai arti pengertiannya, nah sekarang kita akan bahas bagaimana caranya menjadi reseller dan dropship. Mari kita simak! 

Cara Menjadi Reseller 

Anda perlu menentukan terlebih dulu produk yang akan dijual. Pilihlah produk yang memiliki banyak peminat, sehingga bisnis reseller Anda dapat terus berjalan. 

Kedua, carilah supplier yang tepat. Anda akan banyak menemukan supplier yang open reseller, namun tak semua mempunyai kualitas yang bagus. Pilih supplier yang terpercaya agar konsumen merasa puas. 

Jangan lupa untuk melakukan perhitungan secara matang. Menjadi reseller juga harus memperhitungkan biaya-biaya yang dikeluarkan agar tidak mengalami kerugian. 

Last but not least, Anda bisa membuat branding yang bagus. Sudah banyak reseller yang bermunculan, misalnya saja seperti reseller baju. Namun, dengan memiliki branding yang bagus, toko Anda akan lebih dikenal dan dilirik oleh calon pembeli. 

Cara Menjadi Dropshipper 

Temukan produk yang tepat. Sebagai seorang dropshipper, Anda juga harus mengetahui produk apa yang tepat dan diminati banyak orang, sehingga usaha Anda tetap bisa terus berjalan. 

Lihat dan amati kompetitor Anda. Tidak sedikit jumlah orang yang menjadi dropshipper, maka Anda harus bisa melihat dan mengamati pasar atau kompetesi agar tidak kalah saing. 

Sama seperti reseller, sebagai seorang dropshipper juga harus bisa memilih supplier yang tepat. Supplier yang tepat adalah mitra bisnis terbaik bagi para dropshipper. 

Ini yang penting, berikan layanan terbaik pada konsumen. Sebagai perantara dalam proses jual beli, Anda harus memberikan layanan sebaik mungkin pada konsumen.

Posting Komentar untuk "Ulasan Mengenai Reseller Dropship yang Wajib Kamu Ketahui"

List Blog Keren Rajabacklink