Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Reksadana Saham, Resiko Lumayan, Cuan Maksimal

Source: Modalku co id

WebinarMU - Reksadana saham menawarkan keuntungan yang lumayan besar dalam berinvestasi, investasi jenis ini cukup banyak diminati oleh masyarakat karena return yang dianggap menjanjikan. Tapi, resikonya tidak kecil, perlu memahami pengertian dan tujuan keuangan yang cocok untuk berinvestasi di instrumen ini. 

Reksadana yang bermain dalam pasar modal ini memiliki nilai investasi yang cukup tinggi. Pasalnya pengembaliannya dianggap paling tinggi dibandingkan reksadana lainnya tapi satu yang harus kita ingat bahwa imbal hasil atau return dan risiko akan selalu berbanding lurus. 

Untuk Anda yang baru mencoba investasi, digibank reksadana memberikan sajian lengkap investasi ala rumah makan padang yang bisa dimulai hanya dari Rp100.000. Beli Jual & Switch semua bisa di 1 Aplikasi. 

Apa itu reksadana saham?

Bagi kamu yang belum mengenal reksadana saham, pasti bertanya. Apa itu reksadana saham? reksadana saham adalah reksadana yang menempatkan instrumen investasinya ke pembelian saham-saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Hasil keuntungannya diperoleh dari kenaikkan harga saham yang dibeli di bursa. Selain itu OJK mengatur perilaku investasi reksadana saham, antara lain: 

  • Dilarang membeli saham di bursa efek luar negeri yang informasinya tidak dapat diakses dari Indonesia melalui media massa maupun internet.
  • Investasi maksimal pada satu saham hanya 10% dari nilai aset reksadana.
  • Tidak boleh menguasai lebih dari 5% modal perusahaan dari saham terkait.


Untuk Anda yang tertarik menanam modal reksadana saham harus lebih dahulu mengetahui return and risk atau dikenal dengan untung dan rugi. Keuntungan reksadana saham adalah hasilnya yang boleh dikatakan paling tinggi diantara jenis reksadana lain, tapi kita harus ingat dibalik keuntungan yang tinggi terdapat risiko yang tidak kalah tinggi oleh sebab itu kita harus waspada. 

Yang sering terjadi adalah saat pasar sedang bergejolak, pemodal mulai panik dan menjual unit secara terburu-buru, Tindakan ini seharusnya tidak dilakukan karena hanya akan mendatangkan kerugian. 

Tips Berinvestasi Reksadana Saham

Untung dan rugi selalu berbanding lurus, tidak berarti bermain reksadana saham kita akan rugi terus-menerus pasti juga akan ada untungnya, yang seperti kita tahu bahwa keuntungan dalam investasi ini cukup besar. Berikut ada beberapa tips untuk bermain reksadana saham: 

Tentukan Tujuan Keuangan

Menentukan tujuan keuangan sangatlah penting jika ingin berinvestasi jenis ini, berinvestasi reksadana saham tidak bisa instan atau ingin cepat untung, mengingat risikonya yang tinggi, perlu periode investasi yang panjang untuk mengelola risiko tersebut. Karena itu, reksadana saham digunakan untuk tujuan keuangan yang ingin dicapai 10-15 tahun lagi. 

Melalui aplikasi digibank reksadana menawarkan kemudahan untuk Anda lebih mudah pilih kategori reksadana: Berkinerja terbaik, terpopuler & scoring terbaik, aman dan terpercaya untuk investasi jangka Panjang. 

Mereview Kinerja Reksadana Saham

reksadana saham yang pergerakannya cenderung agresif, memiliki potensi return yang relatif tinggi namun memiliki potensi risiko yang tinggi pula, oleh karena itu Anda harus sering memantau kinerja reksadana anda, agar anda dapat meminimalisir kerugian dan mengatur strategi mengingat investasi saham ini adalah jenis jangka panjang. 

Paham Untung dan Rugi

Pasar tidak selamanya bagus, ada saatnya turun, atau bahkan anjlok. Kamu harus paham betul bahwa yang namanya investasi pasti ada untung dan ada pula ruginya. manajemen risiko dan pengetahuan tentang risiko sangat diperlukan, oleh sebab itu Anda harus paham betul bagaimana mengimbangi untung dan rugi. 

Bukan hanya memerlukan strategi, Anda juga harus berinvestasi di tempat yang tepat dan aman. Investasi melalui digibank reksadana melakukan prosesnya 100% digital di bank teraman Asia, Bank DBS. 

Bukan hanya itu, digibank reksadana merupakan bentuk level Up cara berinvestasi kamu dengan mudah dengan memilih berbagai produk reksadana cukup di 1 aplikasi. Anda akan mendapat kemudahan untuk berinvestasi dari mana saja dan kapan saja. Ayo segera temui cara mudahmu berinvestasi bersama digibank reksadana, download digibank app atau follow Instagram digibank.

 

Referensi :

  • https://ajaib.co.id/mengenal-reksa-dana-saham-return-terbaik-dengan-risiko-yang-besar/
  • https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/apa-itu-reksadana-saham-begini-penjelasannya

Posting Komentar untuk "Reksadana Saham, Resiko Lumayan, Cuan Maksimal"

List Blog Keren Rajabacklink