Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Sistem Ventilasi Udara di Rumah Hunian Anda

Manfaat Sistem Ventilasi Udara

WebinarMU - Jika Anda hendak membangun rumah impian dengan desain arsitektur dan interior yang sesuai dengan kepribadian Anda, maka perencanaan sistem ventilasi juga harus dipikirkan secara matang. Sistem ventilasi yang baik pada suatu rumah tentu akan membuat udara dalam ruangan menjadi lebih segar dan juga sehat.

Meski Anda dapat mengandalkan pendingin udara dengan berbagai jenis AC seperti AC split wall ataupun AC jenis lain seperti AC floor standing yang bisa dicek di laman https://www.lg.com/id/business/single-split-floor-standing, Anda tetap membutuhkan sistem ventilasi udara terbaik.

Jika dulu sebuah rumah cukup memiliki sistem ventilasi udara natural berupa lubang udara di dinding atau berupa jendela maka hal itu tidak lagi dapat diandalkan. Tidak seperti rumah-rumah zaman dulu, perbedaan material serta konstruksi mengharuskan tiap rumah memiliki sistem ventilasi mekanis yang dirancang secara terhubung dengan mengalirkan polutan udara ke sisi luar rumah.

Untuk memahami pentingnya memiliki sistem ventilasi udara yang baik di hunian Anda, simak ulasannya sebagai berikut. 

  • Udara dalam ruangan lebih sejuk dan sehat. Rumah tanpa sistem ventilasi udara akan membuat ruangan memiliki aroma yang lembab serta memberikan efek buruk pada perabotan maupun dinding ruangan.

    Tentu hal ini akan membuat udara yang Anda hirup menjadi tidak nyaman dan pastinya tidak sehat untuk diri Anda serta keluarga. Ditambah lagi jika penghuni rumah memiliki riwayat alergi atau pernapasan yang cenderung sensitif, maka bukan tidak mungkin kualitas udara yang buruk dalam ruangan akan menyebabkan kondisi kesehatan menurun.

  • Meningkatkan kualitas tidur. Salah satu hal yang membuat seseorang lebih bahagia dan memiliki pribadi yang positif adalah mereka yang memiliki kualitas tidur yang baik. Suhu kamar dengan kualitas udara dan kelembapan yang tepat akan mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

    Apalagi bagi Anda yang memiliki aktivitas bekerja dari rumah, tentunya aliran udara yang baik akan membuat Anda lebih aktif dan produktif dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

  • Berguna saat darurat. Tidak hanya memberikan manfaat bagi tubuh dengan meningkatkan kualitas kesehatan, namun ventilasi udara yang didesain dengan baik akan bermanfaat dikala darurat.

    Hal ini dimungkinkan karena asap udara atau gas kebocoran dapat dialirkan segera ke luar rumah melalui ventilasi udara. Jendela-jendela dengan daun yang lebar juga bisa berguna untuk evakuasi sehingga dapat meminimalisir kerugian akibat bencana yang tidak diinginkan 

Itu dia beberapa manfaat dari penggunaan ventilasi udara yang baik dalam suatu hunian rumah tinggal. Agar mencapai desain yang sesuai dan meningkatkan efisiensi dari sistem ventilasi udara itu sendiri, Anda dapat merencanakan pembangunan dan penempatan ventilasi udara saat merancang rumah bersama tim yang ahli dibidangnya.

Anda dapat menyatukan jenis ventilasi udara mekanis yang dibangun dengan pipa yang saling terhubung, pendingin udara berjenis ac floor standing yang mudah dipindah-pindahkan sampai membangun vetilasi udara natural agar sirkulasi udara menjadi lebih segar dan sehat untuk keluarga.

Referensi:
https://www.rumah.com/panduan-properti/9-fakta-ventilasi-udara-untuk-rumah-yang-sehat-14388
https://interiordesign.id/ventilasi-rumah-yang-sehat/

Posting Komentar untuk "Manfaat Sistem Ventilasi Udara di Rumah Hunian Anda "

List Blog Keren Rajabacklink