Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kegunaan Microwave dan Cara Kerjanya yang Perlu Anda Ketahui

Kegunaan Microwave
Source: Unsplash.com
 

Oven microwave merupakan salah satu perlengkapan dapur yang dimiliki keluarga di rumah. Dikenal dengan istilah oven gelombang mikro tersebut, oven microwave menggunakan listrik dan radiasi gelombang mikro untuk memasak maupun untuk memanaskan makanan. 

Fungsi microwave yang bisa memasak beragam makanan, seperti digunakan untuk merebus, menumis, memanggang, hingga menggoreng. Tak jarang peralatan dapur yang satu ini banyak disukai para ibu di rumah. Memasak dengan microwave menjadi lebih cepat serta lebih mudah. 

Kecanggihan microwave oven ini karena adanya elemen canggih di dalamnya, seperti magnetron, waveguide, microwave stirrer. Magnetron ini berfungsi mengubah energi listrik menjadi radiasi gelombang mikro.

Sedangkan waveguide berfungsi mengarahkan gelombang mikro yang terbuat dari bahan konduktor. Sementara elemen microwave stirrer berfungsi menyebarkan gelombang mikro di dalamnya karena bentuknya seperti baling-baling. 

Prinsip kerja pada microwave yaitu memancarkan radiasi gelombang mikro agar makanan menjadi panas dan matang. Besar gelombang pada setiap rumah rata-rata frekuensinya sebesar 2500 hz. Selanjutnya gelombang dipancarkan ke kandungan yang ada pada makanan sehingga memacu molekul pada makanan untuk saling bertumbukan kemudian diserap hingga makanan menjadi panas.

Dengan demikian makanan akan lebih cepat matang. Inilah yang membuat microwave banyak diminati para ibu di rumah karena kemudahannya dalam membantu memasak. 

Beragam fitur yang ada di oven microwave
Cara kerja microwave bisa diketahui dari fitur yang ada di dalamnya. Fitur yang melekat pada microwave didasarkan pada cara memasak yang dilakukan, seperti merebus, menggoreng, menumis, memanggang, dan memanaskan makanan. Berikut ini penjelasan singkat tentang fitur microwave.

Microwave bisa digunakan merebus makanan
Bahan makanan apa saja bisa direbus dengan menggunakan microwave. Seperti misalnya merebus sayur, telur, ubi, hingga mie instan. Molekul air bisa cepat memanaskan rebusan dengan cepat tanpa perlu menggunakan air yang banyak.

Microwave bisa digunakan untuk memanggang makanan
Para ibu di rumah bisa memanggang menggunakan microwave oven. Cara kerja microwave saat memanggang makanan bisa dilakukan seperti halnya menggunakan panggangan konvensional. 

Keunggulan microwave oven ini ibu di rumah tidak perlu membersihkan peralatan memasak. Beragam jenis makanan bisa dipanggang di microwave oven, seperti memanggang daging, kentang, kue, serta beragam jenis panggangan lain.  

Microwave bisa digunakan untuk menggoreng makanan tanpa minyak
Para ibu di rumah bisa menggoreng makanan dengan microwave. Anda bisa memanfaatkan microwave untuk menggoreng beragam jenis makanan seperti telur dadar hingga kerupuk. 

Anda bisa menggoreng dengan suhu paling tinggi. Anda tidak perlu menggunakan air, dan jangan terlalu lama saat menggoreng. Dengan microwave, Anda bisa menikmati telur dadar dan kerupuk tanpa minyak. 

Microwave bisa digunakan untuk menumis makanan
Hal lain yang bisa Anda gunakan dengan microwave adalah menumis makanan. Beragam jenis makanan bisa ditumis dengan peralatan dapur satu ini. seperti jenis tumisan kacang panjang, kangkung, serta beragam varian sayur lainnya. Anda bisa menggunakan air secukupnya serta mengatur waktu sesuai dengan selera Anda.

Microwave bisa digunakan untuk memanaskan kembali makanan yang telah dimasak
Eits, dengan microwave kini Anda tidak perlu repot menyalakan kompor untuk memanaskan makanan yang sudah dimasak. Anda bisa memanaskan makanan di alat tersebut. Beragam jenis makanan bisa dipanaskan dengan microwave supaya hangat dan lebih panas sesuai dengan selera Anda. Makanan yang dipanaskan bisa yang berupa gorengan, tumisan, serta beragam varian jenis makanan lho.

Posting Komentar untuk "5 Kegunaan Microwave dan Cara Kerjanya yang Perlu Anda Ketahui"

List Blog Keren Rajabacklink